Rabu, 23 Februari 2011

Guitar Hero

BB King, “King of the Blues” Sepanjang Masa
Written by madmax

BB KingBB King dilahirkan 16 September 1925 di Itta Bena, Mississippi, dekat kawasan Indianola. Masa belianya dimulai dengan mengamen. Terkadang dalam semalam, ia bermain di beberapa tempat. Pada 1974, BB menumpang hidup di Memphis demi mengejar karier musiknya. Memphis merupakan wilayah berpengaruh bagi komunitas pemusik Selatan, yang mendukung penemuan karya musik terluas dari segala gaya Afrika Amerika.

Di sana BB (Blues Boy) menetap dengan tantenya, Bukka White, salah seorang pemain blues kenamaan saat itu. Bukka White membantu menyekolahkan BB dalam seni musik blues. Lagu andalan awal BB adalah “Three O’Clock Blues” yang kemudian melambungkan namanya. Sebagai gitaris blues, BB kemudian berhasil mengembangkan gaya tersendiri.

Ia terinspirasi Blind Lemon Jefferson, T-Bone Walker dan sejumlah gitaris tenar lain. Semua itu digabungkannya dengan akurasi lekuk gaya vokalnya yang rumit, dan teknik vibrato pada tangan kirinya. Model permainannya itu mampu mempengaruhi ribuan gitaris penerus, dari Eric Clapton dan George Harrison hingga Jeff Beck. BB berhasil menggabungkan corak musik tradisional blues, jazz, swing, pop mainstream yang menjadi titik tolak ke arah sound yang unik.

BB King, dengan gitarnya yang dinamainya Lucille, dalam tur Eropa terakhirnya, telah mengucapkan salam perpisahan dengan emosional kepada para penggemarnya di “Montreux Jazz Festival 2006” tahun lalu. Gitaris bergelar King of Blues itu telah ikut festival jazz internasional tersebut dalam lebih dari 20 tahun.

Kini, King telah memasuki usia 82 dan menderita diabetes. Ia muncul di atas pentas festival jazz itu bersama artis-artis jazz dari negara tuan rumah pada malam akhir konser mereka di kota tempat berlibur di tepi Danau Geneva, Swiss, tersebut. Para penyanyi Gladys Knight, Barbara Hendrick, Randy Crawford, dan Leela James; gitaris-gitaris John Mclaughlin dan Stanley Clarke; pemain-pemain keyboard Joe Sample dan George Duke; serta peniup saksofon David Sanborn; menyampaikan hormat mereka kepada sang King of Blues. "Mestinya saya menyampaikan salam perpisahan setiap malam," ucap King, yang menyanyi dan bermain gitar sambil duduk, dalam penampilannya selama dua setengah jam hingga dini itu. "Saya akan menangis lagi, periode ini tak ubahnya lapisan gula pada kue saya, tidak mungkin dilepas dengan cara yang lebih baik lagi dari sekarang," tuturnya penuh emosi.

*
1965 Live at the Regal (live)
*
1968 Lucille
*
1969
o
Live And Well
o
Completely Well
*
1970 Indianola Mississippi Seeds
*
1971
o
Live in Cook County Jail
o
B.B. King in London
*
1972 Guess Who
*
1975 Together For The First Time (With Bland & Bobby 'Blue')
*
1975 Lucille Talks Back
*
1976 Bobby Bland and B.B. King Together Again...Live
*
1978 Midnight Believer
*
1979 Take It Home
*
1980 Live "Now Appearing" at Ole Miss
*
1981 There Must Be a Better World Somewhere
*
1982 Love Me Tender
*
1983 Why I Sing the Blues
*
1990 B.B. King and Sons Live (live)
*
1991
o
Live at San Quentin
o
Live at the Apollo" (live)
o
There is Always One More Time
o
Bacon Double Cheeseburger
*
1992 King of the Blues
*
1995 Lucille & Friends
*
1997 Deuces Wild
*
1997 Best of King
*
1998 Blues On The Bayou
*
1999
o
Live In Japan
o
Let the Good Times Roll
*
2000
o
Riding with the King
o
Makin' Love Is Good For You
*
2003 Reflections
*
2005
o
The Ultimate Collection
o
B.B. King & Friends: 80
*
2007 The Best of the Early Years

Tidak ada komentar:

Posting Komentar